Search

Jangan Diulangi! 6 Kesalahan Sepele Ini Sebabkan Kue jadi Bantat - IDN Times

Salah satu tantangan yang kerap dialami saat membuat kue, khususnya bagi pemula, adalah kue yang gagal mengembang atau bantat. Itu terjadi walaupun sudah menggunakan pengembang yang sesuai. Kue yang gagal mengembang atau bantat ini sebenarnya karena penggunaan bahan yang tidak sesuai atau langkah yang terlewat.

Mungkin kue gagal mengembang merupakan salah satu masalah yang kerap kamu alami saat membuat kue. Yuk, cek dulu, barang kali selama ini kamu kerap melakukan kesalahan di bawah ini.

1. Tidak menggunakan bahan sesuai dengan resep

Jangan Diulangi! 6 Kesalahan Sepele Ini Sebabkan Kue jadi Bantat  unsplash.com/Calum Lewis

Tidak menggunakan bahan-bahan yang tepat dapat menyebabkan hasil yang tidak sesuai harapan. Oleh sebab itu, kamu perlu menggunakan bahan sesuai dengan resep.

Dalam resep disebutkan untuk menggunakan tepung terigu protein sedang, misalnya, jadi jangan gunakan tepung terigu protein tinggi. Kemudian, jika dalam resep disebutkan untuk menggunakan minyak sayur, jangan gunakan mentega atau margarin.

Sebenarnya, dalam pembuatan kue, mengganti suatu bahan dengan bahan lain adalah hal yang sah-sah saja. Namun, bagi kamu yang masih pemula, sebisa mungkin gunakan bahan sesuai dengan resep. Sebab, untuk mengganti bahan yang satu dengan bahan lain membutuhkan takaran yang sesuai agar kue tidak gagal.

2. Tidak memerhatikan kualitas bahan yang digunakan

Jangan Diulangi! 6 Kesalahan Sepele Ini Sebabkan Kue jadi Bantat  food-hacks.wonderhowto.com

Kualitas bahan yang digunakan untuk membuat kue turut memengaruhi rasa dan keberhasilan masakan. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya menggunakan bahan-bahan yang masih bagus.

Untuk mengetahui apakah baking soda dan baking powder masih layak digunakan, misalnya, kamu bisa menuangkan baking soda atau baking powder ke dalam air panas. Jika gelembung keluar dengan cepat, tandanya baking soda dan baking powder masih layak digunakan.

Kemudian, untuk mengecek kelayakan ragi, kamu bisa mencampurkan ragi, gula, dan air panas. Jika setelah diaduk muncul busa, artinya kualitas ragi masih bagus dan boleh dipakai.

3. Langsung menggunakan bahan-bahan yang baru dikeluarkan dari kulkas

Jangan Diulangi! 6 Kesalahan Sepele Ini Sebabkan Kue jadi Bantat  unsplash.com/Andy Chilton

Kesalahan yang juga kerap dilakukan banyak orang ialah langsung menggunakan bahan-bahan yang baru keluar dari kulkas. Padahal, menggunakan bahan yang terlalu dingin dapat membuat bahan-bahan sulit tercampur rata. Alhasil, kue akan menjadi bantat.

Untuk itu, diamkan dulu bahan-bahan yang baru kamu keluarkan dari kulkas sampai suhunya sama dengan suhu ruang, khususnya untuk telur, mentega, margarin, dan keju.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Baca Juga: Bikin Kue Lebaran Lezat, Ini 5 Tanda Adonan Kue Telah Kalis!

4. Tidak memperhatikan takaran bahan

Jangan Diulangi! 6 Kesalahan Sepele Ini Sebabkan Kue jadi Bantat  snapguide.com

Takaran adalah faktor yang mutlak diperhatikan jika kamu tidak ingin kue buatanmu gagal dan bantat. Membuat kue tanpa memperhatikan takaran bisa menimbulkan akibat yang fatal bagi kue. Tak hanya itu, ukuran wadah juga penting untuk diperhatikan agar kue tidak bantat.

Sebenarnya, kamu bisa menakar menggunakan sendok atau gelas sebagai alat ukur. Namun, jauh lebih baik dan akurat jika kamu menggunakan timbangan digital, baik untuk bahan padat maupun cair.

5. Durasi mencampur adonan yang tidak tepat

Jangan Diulangi! 6 Kesalahan Sepele Ini Sebabkan Kue jadi Bantat  unsplash.com/Monika Grabkowska

Tidak mengaduk adonan dengan tepat juga dapat membuat kue gagal mengembang. Untuk itu, pastikan kamu mengaduk adonan dengan cara yang benar.

Untuk membuat kue, pastikan gula, mentega, dan telur diaduk terlebih dahulu hingga gula larut dan semua bahan tercampur rata sebelum memasukkan tepung dan bahan lainnya.

Jika kamu menggunakan mikser elektrik, pastikan kamu mengaduk dengan kecepatan rendah ke kecepatan tinggi. Selain itu, pastikan kamu mengocok adonan dalam waktu yang tepat, tidak terlalu sebentar dan tidak terlalu lama.

6. Langsung memanggang kue saat oven belum panas

Jangan Diulangi! 6 Kesalahan Sepele Ini Sebabkan Kue jadi Bantat  unsplash.com/Taylor Grote

Langsung memasukkan adonan ke dalam oven yang masih dingin juga dapat membuat kue gagal mengembang. Oleh karena itu, pastikan oven sudah cukup panas sebelum memasukkan kue.

Pemanasan oven idealnya membutuhkan waktu 10 sampai 20 menit. Selain itu, pastikan kamu memasang suhu yang ideal, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Dengan suhu yang pas, kue akan matang merata dan mengembang sempurna.

Dengan memerhatikan hal-hal di atas saat membuat kue, dijamin kue tidak akan gagal dan bisa mengembang sempurna

Baca Juga: Resep Praktis Bikin Kue Eclairs, Renyah di Luar dan Creamy di Dalam 

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)



"kue" - Google Berita
April 29, 2020 at 10:06PM
https://ift.tt/2VO03Dj

Jangan Diulangi! 6 Kesalahan Sepele Ini Sebabkan Kue jadi Bantat - IDN Times
"kue" - Google Berita
https://ift.tt/32MVXfu
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jangan Diulangi! 6 Kesalahan Sepele Ini Sebabkan Kue jadi Bantat - IDN Times"

Post a Comment


Powered by Blogger.